No image available for this title

Skripsi

Pemanfaatan Media Sosial Dalam Membentuk Personil Branding Bryan Valenza Sebagai Komikus



Pembimbing : Syaifuddin

ABSTRAK :
Di era digital, media sosial menjadi sarana penting dalam membentuk identitas dan personal branding, termasuk bagi pekerja kreatif seperti komikus. Penelitian ini meneliti Bryan Valenza, seorang colorist asal Indonesia yang bekerja sama dengan penerbit komik internasional seperti Marvel dan DC Comics, dalam membangun personal branding melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam terhadap tiga informan, observasi terhadap akun media sosial Bryan (Instagram, TikTok, dan witter/X), erta dokumentasi, dengan triangulasi sumber untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bryan secara konsisten menonjolkan spesialisasi sebagai colorist dan enerapkan delapan prinsip Personal Branding Peter Montoya. Media sosial dimanfaatkan untuk menampilkan karya, berinteraksi, dan edukasi audiens, memperkuat reputasinya sebagai profesional. emuan ini didukung oleh teori Computer Mediated Communication (CMC), yang menekankan peran media digital dalam komunikasi dan pembentukan citra profesional.

Kata kunci: Komik, Personal Branding, Media Sosial, Komikus, CMC


Ketersediaan

2P-25.21SKR 021 PR 2025PerpustakaanTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR 021 PR 2025
Penerbit FIKOM UPI YAI : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
140 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2164190094
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this