No image available for this title

Skripsi

Analisis Strategi Komunikasi Organisasi Agency Dalam Membangun Hubungan Kolaborasi (Studi Kasus Pada GT Agency)



Pembimbing : Sri Ekowati

ABSTRAK :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi organisasi GT Agency dalam membangun hubungan kolaborasi antara agensi dengan brand dan kreator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini didasarkan pada teori Relationship Management (Ledingham & Hon) yang menekankan pentingnya trust, commitment, satisfaction, an control dalam membangun hubungan yang saling menguntungkan serta berkelanjutan. Teori ini digunakan untuk menelaah strategi komunikasi GT Agency dalam mengelola relasi dengan mitra kolaboratif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan tiga informan dari GT Agency, yaitu Marketing Manager, Digital Marketing, dan Creative Director. Hasil enelitian menunjukkan bahwa GT Agency menerapkan strategi komunikasi organisasi yang persuasif dan profesional dengan pendekatan adaptif terhadap karakter brand maupun kreator. Pengelolaan ubungan kolaborasi dilakukan melalui komunikasi dua arah yang terbuka, partisipatif, serta menjunjung transparansi dan fleksibilitas. Upaya membangun loyalitas dilakukan melalui komunikasi jangka panjang dan keterlibatan mitra dalam proses kreatif. Selain itu, pemanfaatan media sosial digunakan untuk membentuk positioning GT Agency sebagai agensi yang kolaboratif, relevan, dan dapat ipercaya oleh mitra.Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi organisasi yang terstruktur, berbasis relasi, dan berlandaskan pada pengelolaan hubungan mampu memperkuat eberhasilan kolaborasi jangka panjang antara agensi, brand, dan kreator.

Kata Kunci: Komunikasi Organisasi, Agency, Kolaborasi, Strategi Komunikasi, Brand, Kreator, Hubungan Kemitraan


Ketersediaan

2P-25.23SKR 023 PR 2025PerpustakaanTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKR 023 PR 2025
Penerbit FIKOM UPI YAI : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
116 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2164190060
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this