Detail Cantuman
Advanced Search
Skripsi
Strategi Optimalisasi Media Relations PT. Taspen Dalam Upaya Pengelolaan Persepsi Publik
Pembimbing : Khina Januar R
ABSTRAK :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran Media Relations dalam membentuk dan menjaga persepsi publik, terutama ketika institusi menghadapi krisis pemberitaan negatif yang erpotensi erusak reputasi. PT Taspen menjadi fokus studi karena berhasil menunjukkan bagaimana strategi komunikasi yang terstruktur dan erintegrasi mampu meredam eskalasi isu dan bahkan membalikkan opini publik ke arah yang lebih positif. Penelitian ini menggunakan teori PR Excellence untuk menelaah peran strategis public relations sebagai pengelola komunikasi korporat serta teori Agenda etting ntuk memahami bagaimana PT Taspen memanfaatkan media sebagai alat pengaruh persepsi publik secara sistematis. Penelitian ini juga didukung oleh sejumlah konsep penting seperti media onitoring, komunikasi krisis, strategi framing, komunikasi organisasi, dan pemanfaatan media digital. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif naratif dan
teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam serta dokumentasi. Informan dalam penelitian terdiri dari satu key informan, yaitu Head of Corporate Communication PT Taspen, dan dua nforman publik yang merupakan ASN aktif dan purnabakti, yang memiliki eksposur terhadap pemberitaan dan layanan Taspen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Taspen memiliki sejumlah trategi dalam optimalisasi Media Relations, di antaranya adalah penyusunan narasi tunggal berbasis diskusi lintas divisi, pemilihan media berdasarkan karakter publik, pemanfaatan media digital erbasis data monitoring, serta pendekatan relasional terhadap media. Dari keseluruhan strategi tersebut, yang paling optimal adalah penerapan media monitoring sebagai sistem deteksi isu secara eal time dan pendekatan personal terhadap media yang memungkinkan framing narasi positif lebih dominan dalam pemberitaan. Keberhasilan strategi ini tidak hanya diakui melalui testimoni dari ublik, tetapi juga melalui penghargaan yang diterima PT Taspen dalam ajang Human Excellence Awards sebagai The Best Digital Transformation, yang memperkuat kesimpulan bahwa sebagai BUMN, T Taspen berhasil mengelola persepsi publik secara efektif melalui optimalisasi Media Relations berbasis inovasi dan integrasi.
Kata Kunci : Optimalisasi, Media Relations, Persepsi Publik, Public Relations Strategis, Agenda Setting, PT Taspen
Ketersediaan
| 2P-25.32 | SKR 032 PR 2025 | Perpustakaan | Tersedia |
Informasi Detil
| Judul Seri |
-
|
|---|---|
| No. Panggil |
SKR 032 PR 2025
|
| Penerbit | FIKOM UPI YAI : Jakarta., 2025 |
| Deskripsi Fisik |
144 hlm
|
| Bahasa |
Indonesia
|
| ISBN/ISSN |
2164190092
|
| Klasifikasi |
NONE
|
| Tipe Isi |
-
|
| Tipe Media |
-
|
|---|---|
| Tipe Pembawa |
-
|
| Edisi |
-
|
| Subyek | |
| Info Detil Spesifik |
-
|
| Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain






