No image available for this title

Tugas Karya Akhir

Perancangan Permainan Monopoli Nusantara Tentang Pengenalan Budaya Rumah Adat Untuk Meningkatkan Pelestarian Budaya



Pembimbing : Joachim David

ABSTRAK :
Indonesia adalah negara kepulauan yang kaya akan keberagaman suku dan budaya, dengan lebih dari 1.300 suku bangsa dan ratusan bahasa daerah. Namun seiring perkembangan zaman, minat asyarakat terutama generasi muda terhadap budaya lokal semakin menurun, tergantikan oleh budaya luar yang lebih populer. Kurangnya pengenalan budaya dalam pendidikan serta kurangnya edia ang menarik untuk memperkenalkan budaya. Dengan begitu diperlukan upaya inovatif dalam memperkenalkan kebudaya Indonesia, khususnya Rumah Adat Indonesia kepada masyarakat. Dengan elalui media permainan edukatif berbasis strategi seperti Monopoli. Permainan dapat menjadi media pembelejaran efektif karena mampu menyampaikan informasi secara interaktif dan enyenangkan. Dengan mengadaptasi elemen elemen budaya Indonesia seperti rumah adat dan ikon daerah ke dalam permainan Monopoli, masyarakat diharapkan dapat lebih mudah memahami, engenali kebudayaan Indonesia terutama Rumah Adat Indonesia. Permainan ini tidak hanya berfungsi sebagai sarana hiburan, tetapi juga sebagai media pembelajaran dan pelestarian budaya. erancangan ini diharapkan menjadi sarana edukasi efektif dan menjadi media komunikasi visual yang bisa membangun kesadaran pentingnya mengenal dan melestarikan Kebudayaan indonesia erutama Rumah Adat Indonesia.

Kata kunci : Monopoli Nusantara, Permainan, Edukatif, Rumah Adat


Ketersediaan

3D-25-06TKA 006 DKV 2025PerpustakaanTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
TKA 006 DKV 2025
Penerbit FIKOM UPI YAI : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
112 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2154190028
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this