Detail Cantuman
Advanced SearchTesis Komunikasi 2017
Pengunaan Media Sosial Pada Surat Kabar (Studi Kasus : Pada Harian Radar Jogja)
Dosen Pembimbing : Dr. Syarifuddin Gassing, M.SirnDosen Pembimbing : Dr. Muharto Toha, Drs, M.SirnrnPerkembangan dalam dunia komunikasi dan informasi telah membawa kita ke dunia global dan menjadikan masyarakat secara terus menerus diterpa (exposure) oleh media sehingga terciptalah masyarakat informasi. Sifat-sifat teknologi telekomunikasi konvensional yang bersifat massif sekarang sudah mampu digabungkan dengan teknologi komputer yang bersifat interaktif atau dikenal istilah konvergensi, yang bisa juga diartikan bergabungnya perusahaan internet dengan perusahaan-perusahaan media tradisional seperti harian Radar Jogja dalam menyikapi media sosial sebagai sumber berita.rnUntuk dapat memahami secara lebih luas dan mendalam, diperlukan fokus penelitian yaitu gambaran dan pemahaman tentang bagaimana penerapan perubahan media cetak sebagai media tradisional ke media online di salah satu harian di Yogyakarta. Terdapat dua pertanyaan penelitian, yaitu (1) Bagaimana Harian Radar Jogja menggunakan media sosial sebagai salah satu sumber untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan (2) Bagaimana mekanisme pengalihan materi dari media sosial sebagai bahan berita, berdasarkan dua Teori pendekatan , yaitu Teori Ekonomi Media dan Teori Media Baru serta menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus pada perusahaan media cetak dan online Radar Jogja dimana teknik keabsahan data diperoleh melalui triangulasi sumber, dengan melakukan serangkaian wawancara dengan para narasumber baik internal maupun eksternal. Peran media seperti Radar Jogja yang notabene masih mendapat dukungan besar baik dari segi konsultan maupun pertukaran berita akurat dari induk perusahaan yaitu Jawa Pos ikut berperan serta dalam kancah bisnis media online sebagai salah satu terobosan untuk meningkatkan pendapatan dan memperbesar keuntungan dari perusahaan Radar Jogja itu sendiri. Radar Jogja dituntut untuk selalu menyajikan berita akurat dalam waktu singkat (setidaknya tiap satu jam harus menurunkan satu sampai dua berita dalam karakter pendek), dan para wartawannya agar jangan menyajikanberita yang asal jadi, tetapi juga melihat dari sudut pandang sosial budaya masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya yang mengedepankan kultur sopan santun baik dalam bertindak maupun dalam berbicara.rnrnKata Kunci : Media Sosial, Konvergensi, Ekonomi Media, Media Baru, Triangulasi Sumberrn
Ketersediaan
4T-17.2 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
TES 002 KOM 2017
|
Penerbit | FIKOM UPI YAI : Jakarta., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
1464290006
|
Klasifikasi |
Tesis
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain