Detail Cantuman
Advanced SearchTKA Broadcast 2017
VARIASI ANGLE DENGAN MEMINIMALISIR PERGERAKAN KAMERA DALAM FILM DOKUMENTER MUSUH SANG MALAIKAT MAUT
Dosen Pembimbing : Drs. Ibrahim, M.SirnrnKamera operator atau kameramen adalah seseorang yang bertanggungrnjawab untuk pengoperasian kamera selama proses produksi berlangsung. Seorangrnkameramen sebaiknya menguasai teknik pencahayaan dan pengambilan gambar,rnsehingga bisa menemukan dari sudut mana suatu objek bisa terlihat sempurna.rnTeknik pengambilan gambar dengan komposisi dan Angle yang baik sangatrnberpengaruh pada hasil akhir film yang dibuat. Demikian pula pergerakan kamerarndapat membantu menciptakan kesan-kesan tertentu sesuai tuntutan cerita.rnKameramen harus meminimalisir pergerakan kamera, hal ini bertujuan agarrngambar yang diambil layak untuk dilihat oleh khalayak. Pergerakan kamera yangrntidak beralasan akan membuat hasil pengambilan gambar jadi buruk danrnkehilangan makna.rnPenulis mengunakan beberapa konsep yang relevanpada penulisan ini,rndiantaranya adalah konsep komunikasi, komunikasi massa, media massa, film,rndokumenter, tahapan produksi, kameramen, dan teknik pengambilan gambar.rnDalam pembuatan film dokumenter ini melakukan tahapan tahapan dari prarnproduksi, produksi sampai pada tahap akhir pasca produksi. Dalam penelitian inirnpenulis mengalami beberapa masalah dalam proses pengambilan gambar dan padarnakhirnya dapat menangani masalah tersebut. Dalam film dokumenter tidak adarnaturan baku dalam mengambil gambar, hal yang terpenting film dokumenterrnadalah makna pesan dari film tersebut bisa diterima dengan baik oleh penonton.rnKameramen sebaiknya dapat menguasai dan mengerti camera angle,rnframe size, gerakan kamera, gerakan objek, dan komposisi. Agar kualitas gambarrnyang dihasilkan baik dan menarik minat khalayak. Seorang kameraman jugarnmembantu memberi solusi yang baik dalam teknik pengambilan gambar agarrnproduksi bisa berjalan sesuai dengan perencanaan sutradara. Seperti pemilihan kamera dan lensa apa yang baik digunakaan, saat situasi di ruang inap rumahrnsakit, yang memiliki ruang gerak yang sempit.rnBerdasarkan dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, kameramenrndalam sebuah produksi film dokumenter harus bisa memahami terlebih dahulurnnaskah yang sudah dibuat, sebelum masuk pada proses produksi. Karena, seorangrnkameramen harus mampu memvisualisasikan dari sebuah naskah menjadi gambarrnyang menarik minat penonton dan makna pesan yang terkandung dalam film dapatrnditerima oleh penonton.rnrnKata Kunci : Cameramen, Variasi Angle dan Film Dokumenter
Ketersediaan
3B-17.8 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
TKA 008 BRO 2017
|
Penerbit | FIKOM UPI YAI : Jakarta., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
0754190133
|
Klasifikasi |
-
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain